6 REKOMENDASI WISATA KULINER PALEMBANG

6-REKOMENDASI-WISATA-KULINER-PALEMBANG

daftarkulinerindonesia – Sudah pernah ke Palembang dan merasakan kuliner Palembang? Ya, Indonesia terdiri dari banyak suku dan budaya, setiap daerah memiliki cita rasa berbeda, sehingga sangat menarik untuk di bahas, salah satunya adalah wisata kuliner Palembang.
Palembang sendiri kerap menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan olahraga seperti SEA GAMES tahun 2011 dan ASEAN GAMES tahun 2018. Selain itu, Palembang juga terkenal dengan ke anekaragaman kuliner, salah satunya adalah pempek Palembang yang berbahan dasar ikan giling dan tepung kanji mampu menggoyang lidah. Tapi selain itu masih ada banyak sekali kuliner yang wajib dicoba ketika ada di Palembang.

Jika ada rencana untuk berkunjung ke Palembang, Kamu bisa mencoba 6 wisata kuliner Palembang yang bikin nagih dan rekomended banget dibawah ini:

1. Es Kacang Merah

es-kacang-merah-khas-palembang

Dessert paling favorti di kota Palembang yaitu Es kacang merah. Kuliner ini biasa disajikan sebagai sup atau dessert, dengan campuran sirup merah dan es serut membuatnya semakin lezat. Tekstur kacang merah yang lembuat dan seruputan air sirup akan membuat Kamu ketagihan.
Es kacang merah sudah sangat terkenal di Indonesia seperti di Manado dan Palembang. Jika di Manado es kacang merah disajikan bersama susu kental, sementara di Palembang disajikan dengan sirup cocopandan dan es serut.
Makanan penutup ini biasanya disajikan di tempat-tempat makan yang menyediakan pempek dan makanan khas Palembang. Beberapa tempat cukup populer adalah Garuda Putra, Pak Raden, 161, dan Milian. Harga untuk satu porsi es kacang merah cukup murah, mulai dari Rp 8.000 – Rp 18.000 untuk satu porsi.

2. Martabak HAR

martabak-har

Tempat makan yang sudah berdiri sejak tahun 1947, menjadi makanan paling banyak di buru oleh wisatan yaitu Martabak HAR. Wisata kuliner Palembang asal Bumi Sriwijaya ini memiliki ciri khas, dimana martabak di siram dengan saus kari serta rempah-rempah lezat dan gurih sebagai topingnya.
Bukan hanya itu saja, satu porsi martabak HAR di bandrol cukup murah dan Kamu dapat dengan mudah menemukannya, karena ada banyak cabangnya di Palembang.

3. Mie Celor

mie-celor-palembang

Makanan tradisional dari Ibu Kota Sumatra Selatan satu ini tidak kalah lezat dari pempek Palembang yaitu Mie Celor. Kuliner dengan cita rasa gurih ini disajikan dengan kuah kental, salah satu tempat yang peling legendaries adalah Mie Celor 26 Ilir H M Syarief Z, lokasinya berada di Jalan KH Ahmad Dahlan No 2, 26 Ilir – Palembang.
H M Syarief Z adalah orang pertama penjual Mie Celor yang sekarang diteruskan oleh Abdul Aziz anaknya. Walaupun banyak mie celor di tepi jalan, tetapi mie celor 26 Ilir masih menjadi primadona bagi wisatawan, maka tidak heran tempat ini selalu ramai pengunjung.
Mie untuk membuat mie celor bukanlah mie kuning pada umumnya, sebab mie ini memiliki tekstur kenyal dan lebih tebal. Selain itu kuahnya juga kental, berbeda dengan kuah mie lain yang encer. Kuah tersebut berasal dari kaldu udang dan dikentalkan dengan mencampurkan tepung maizena.
Jika Kamu ingin mie celor original, maka datang ke warung Mie Celor 26 Ilir H M Syarief Z, mereka buka setiap hari mulai dari 10:00 – 20:00 WIB. Harga untuk satu porsi mie celor juga sangat terjangkau yaitu Rp 15.000 – Rp 20.000.

Baca Juga : Beberapa Kuliner Jakarta Pusat Malam Hari Terpopuler

4. Riverside Restaurant

riverside-restaurant

Riversiden restaurant memiliki beberapa menu andalan paling rekomended seperti pepes ikan patin, aneka sambal, dan sup pindang. Namun hal menarik dari restoran ini adalah mereka menawarkan pemandangan secara langsung ke arah Jembatan Ampera, maka Kamu bisa memilih bangku di rooftop sebagai tempat nongkrong dan bersantai sambil menikmati pemandangan langsung Kota Palembang.
Restaurant yang berada di Jalan Temon Ilir Barat II, 19 Ilir, Bukit Kecil – Palembang memiliki makanan lezat dengan pemandangan Jembatan Ampera dan sungai Musi sebagai teman menikmati hidangan. Oleh karena itu, wajra saja Riverside menjadi wisata kuliner Palembang yang bikin ketagihan dan paling rekomended.

5. Rumah Makan Pindang Sri Melayu

srimelayu

RM (rumah makan) Pindang Sri Melayu menjadi tujuan wisata kuliner Palembang rekomended selanjutnya dengan cita rasa lokal. Tempat makan ini memiliki menu andalan yang menjadi ciri khasnya yaitu brengkes patin, pindang patin dan beberapa jenis pindang lain serta menu makanan khas palembang.
Kawasan dari RM Pindang Sri Melayu memiliki tempat luas dengan beberapa fasilitas seperti taman dan ruang bermain akan. Tempat makan yang berada di Jalan Demang Lebar Daun ini sangat cocok di kunjung bersama keluarga, kerabat dan teman-teman untuk berkumpul.

6. Warung Terapung

warung-terapung

Wisata kuliner selanjutnya adalah warung terapung. Palembang memang sangat terkenal dengan keindahan sungai Musi, maka terdapat warung terapung yang ada di sebelah pasar 16 Ilir Palembang menjadi wisata wajib Kamu datangi.
Lokasi wisata kuliner Palembang ini akan memberi Kamu sensasi menarik. Karena Kamu akan menikmati kuliner di atas perahu-perahu kecil yang menawarkan makanan lokal seperti pempek dan pindang. Selain itu, pemandangan sungai Musi dan megahnya Jembatan Ampera akan memnjakan mata Kamu saat menikmati makan-makanan lezat.

 

Menarik bukan 6 wisata kuliner Palembang paling rekomended di atas? Sekarang kamu memiliki referensi wisata kuliner saat berkunjung ke Palembang. Bahkan, kuliner-kuliner ini akan membuat Kamu ketagihan, sehingga ingin datang lagi, lagi, dan lagi.

Related posts