Ayam Geprek Dengan Sambal Matah

Ayam Geprek Dengan sambal Matah

daftarkulinerindonesia.web.id Siapa disini yang tidak menyukai rasa sambal dan juga ayam yang digabungkan. Coba bayangkan rasa ayam geprek tanpa tambahan sambal,dalam artikel kali ini kami akan memberi ulasan tentang ayam geprek yang dipadukan dengan tambahan sambal matah.

Sebab, bagi penggemar sajian pedas, ayam geprek di E’yos Waroeng & Makanan ayam geprek disajikan dengan paduan sambal matah.
Sambal matah memang terkenal akan pedasnya. Selain menggunakan cabai, sambal matah juga menggunakan bahan tambahan lainnya. Dan identik dengan potongan serai dan daun jeruknya.

“Tapi bagi yang tidak suka dengan daun jeruk, bisa digantikan rasa segarnya dari perasan air jeruk limau. Jadi rasa segar dari jeruk bisa didapat tidak hanya dari daun jeruk tapi juga dari air jeruk limaunya,” kata Suryono, chef E’yos Waroeng & Makanan.
Tambahan perasan air jeruk tersebut, menurut Suryono merupakan inovasi lain dari menu ayam geprek selain penggunaan sambal matah. Suryono mengatakan, rasa yang pas akan didapat dari perasan air jeruk ditambah daun kemangi sebagai lalapannya.

Rasa yang nikmat pada ayam geprek terletak pada sambalnya. Dengan komposisi yang pas, maka sambal matah akan menemani ayam geprek yang gurih dan crunchy. Sambal matah disajikan dengan bahan-bahan sambal yang diiris saja. Baik itu cabai, serai hingga bawangnya.

“Makin segar dengan ditambahkan tomat juga perasan air jeruk. Kalau untuk ayam geprek bisa menggunakan ayam dada fillet,” ujarnya di Pertokoan Mediterania Batam Centre.

Daging ayam fillet yang terasa garing dan gurih sangat cocok dipadukan sensasi pedas sambal matah yang segar dan pedas. Apalagi ditambah lalapan daun kemangi, timun dan hangatnya nasi putih.

Baca Juga:Fakta Klepon Jajanan Pasar Yang Susah Habis

Ayam Geprek Sambal Matah

Bahan Sambal:
4 butir bawang merah
7 buah cabai rawit merah
1 batang serai
1 buah tomat hijau kecil
Garam secukupnya
Gula secukupnya
1 sdt air jeruk limau

Bahan Ayam Geprek:
100 gram dada ayam fillet
Garam secukupnya
Tepung tapioka secukupnya
Merica bubuk secukupnya

Cara Pembuatan:
1. Iris iris semua bahan sambal kecuali air jeruk
2. Tuang air jeruk limau yang sudah diperas. Berikan garam dan gula secukupnya. Aduk rata, sisihkan
3. Dada ayam fillet yang sudah dibersihkan taburi merica bubuk, garam, dan tepung tapioka secukupnya
4. Panaskan minyak makan, goreng daging ayam fillet hingga kuning keemasan. Tiriskan
5. Tuang minyak panas setelah menggoreng ayam ke dalam tempat sambal sedikit saja. Lalu aduk rata
6. Hidangkan sambal matah di atas daging ayam. Hidangkan bersama timun, kemangi, dan potongan cabai merah.

Related posts