BEBERAPA MAKANAN TRADISIONAL JAWA TERKENAL PALING ENAK

BEBERAPA-MAKANAN-TRADISIONAL-JAWA-TERKENAL-PALING-ENAK

daftarkulinerindonesia – Siapa yang lagi berada di Pulau Jawa? nah jika anda berada di pulau jawa yang menjadi pulau terluas yang ke 13 di seluruh Dunia ini, sangat menyenangkan sekali jika anda mencicipi beraneka kuliner-kuliner lezat dari jawa timur, jawa tengah, dan jawa barat, Nah mau tau kuliner apa saja yang wajib anda coba saat berada di Jawa? inilah beberapa makanan tradisional jawa terkenal paling enak. dan pastinya wajib anda coba.

1. Rujak Cingur

Kuliner yang pertama ini memang menjadi kuliner jawa timur yang paling terkenal dan selalu membuat traveler penasaran dengan rasanya, untuk anda yang belum tau rujak cingur itu seperti apa? nah rujak cingur itu terdiri dari potongan buah-buahan yang di beri Cingur (mulut sapi), sayur-sayuran, tahu, dan bumbu rujak cingur yang terdiri dari cabe, petis, gula merah, bawang putih, kacang goreng, di ulek lalu dicampur dengan seporsi rujak cingur yang merupakan kombinasi yang sempurna. Saat anda berada di Jawa timur terutama di Surabaya wajib banget cobain kuliner yang satu ini, dijamin kalian akan di manjakan dengan 1 porsi rujak cingur, yang biasanya di nikmati dengan kerupuk!!! kebayang donk guys gimana rasanya?

2. Lontong Balap

ngengg….cit…heheh nah guys nama dari kuliner yang satu ini unik bukan? nah kenapa diberi nama lotong balap? karena pada jaman dahulu di jawa timur ada penjual-penjual lontong yang biasanya membawa dagangannya keliling kota Surabaya dan biasanya pedagang ini jalannya lebih kencang, makanya diberi sebutan lotong balap, sampai saat ini lontong balap masih legendaris banget di Jawa timur guys.

Untuk ada yang belum tau lotong balap itu terdiri apa saja? nah lotong balap itu terdiri dari lontong, touge, tahu goreng, lenthok, kecap, bawang goreng, sambal, dan siraman kuahnya yang khas rasanya, asin, manis, gurih, akan lebih nikmat jika dimakan saat hangat.

Baca Juga : 6 REKOMENDASI WISATA KULINER PALEMBANG

3. Tahu Tek

Tahu tek? nah nama dari kuliner yang ke tiga ini juga gak kalah unik dari kuliner yang kedua, nah guys kenapa di beri nama tahu tek? karena penjual tahu tek ini biasanya keliling dan mengetuk garpu ke penggorengannya sehingga memberikan bunyi “tek-tek-tek”, makanya di beri nama tahu tek.

Nah sudah pernah cobain tahu tek belum? tahu tek ini biasanya bisa anda temukan saat malam hari… seporsi tahu tek ini terdiri dari tahu goreng, lontong, tauge, kerupuk, kentang goreng, timun, telur, dan pastinya bumbu tahu tek yang terdiri dari bawang purih, petis, kecap, kacang goreng, cabai yang menciptakan 1 porsi tahu tek yang wenak banget!!! nah yuk buruan cobain tahu tek saat berada di Jawa, untuk menemukan tahu tek ini cukup mudah anda bisa mendapatkannya di jawa timur, jawa tengah, dan jawa barat.

4. Nasi Pecel

Nasi pecel mungkin kuliner ini sudah terkenal di Indonesia, bahkan sampai mancanegara, nasi pecel ini adalah makanan khas jawa timur yang banyak ditemukan di surabaya, malang, dan jember. kuliner ini terdiri dari nasi dengan sayuran yang di beri lauk, lalu disiram bumbu kacang yang sedikit pedas, dan di nikmati bersama peyek, satu porsi nasi pecel ini memiliki rasa yang lezat sekali!!!

5. Lumpia Semarang

Jajanan pasar yang satu ini merupakan makanan khas Jawa Tengah. pasti kalian semua sudah tau donk lumpia itu terdiri dari apa saja, biasanya satu lumpia itu berisi ayam, telur, udang, sayuran dan akan lebih nikmat jika di makan saat panas-panas lalu di cocol ke saus atau di makan dengan cabe hijau yang segar, 1 lumpia ini pas banget untuk menemani anda saat siang, sore, ataupun malam hari di Jawa tengah, saat anda berada di Semarang wajib banget cobain kuliner yang satu ini, lumpia semarang emang juara!!! yuk buruan cobain…

6. Tahu Petis

Tahu petis ini juga jajanan khas jawa tengah yang menjadi favorite bagi traveler… Tahu ini biasanya di goreng lalu di tambahkan sus hitam yaitu saus petis yang terdiri dari kuah rebusan udang dan ikan yang dimasak sampai kental, sehingga menciptakan 1 buah petis yang enak banget. tahu petis ini paling enak kalo di makan saat panas lalu di cocol dengan petisnya yang manis, asin, gurih, dan pastinya buat anda ketagihan 1 tahu petis saja gak cukup lo guys, jadi saat makan 1 mau 2 lagi heheh….nah gimana penasaran dengan rasa tahu petis? yuk buruan berburu tahu petis.

7. Nasi Gandul

Nasi Gandul ini adalah makanan khas Pati yang sangat terkenal di jawa tengah. nasi gandul ini adalah nasi yang biasanya di sajikan di daun pisang yang memberikan aroma sedap sehingga menggoda siapapun saat mencium aromana, untuk anda yang belum tau nasi gandul ini terdiri dari apa saja? nah nasi gandul terdiri dari nasi putih, telur, daging sapi, dan kuah santan bumbu kuning. 1 porsi nasi gandul akan terasa nikmat jika dinikmati dengan 1 kerupuk, nah saat berada di Pati kalian wajib banget cobain nasi gandul.

8. Lontong Kari

Makanan yang terakhir ini adalah makanan khas Jawa Barat yang terdiri dari lontong, bumbu kacang, daging sapi, bawang goreng, bumbu kari, telur, dan menciptakan cita rasa gurih yang lezat!!! Satu porsi lontong kari ini hanya dibandrol 10 ribu saja, makanan yang satu ini selain murah, lezat banget guys, saat berada di Jawa Barat kalian wajib anget cobain lotong kari. lontong kari ini akan terasa sedap jika di makan saat hangat dan di makan menggunakan kerupuk.

Itulah beberapa kuliner di Pulau Jawa yang wajib anda coba, dijamin sekali mencobanya saja anda akan ketagihan!!! Yuk guys buruan berburu kuliner di Jawa, dijamin liburan anda menyenangkan, Nah tunggu ap lagi yuk buruan cari kuliner Jawa, semoga informasi kuliner tradisional Jawa diatas berguna untuk anda yang lagi cari tau apa saja sih kuliner Jawa yang rekomended banget untuk dicoba, Selamat mencoba!!!

Related posts