Daftar Kuliner Rendah Kalori

Daftar Kuliner Rendah Kalori

Daftar Kuliner Rendah Kalori – Berikut ini merupakan artikel tentang daftar makanan rendah kalori yang cocok disajikan untuk anda yang sedang program diet.

1. Bakso

Menurut Alvin, bakso merupakan makanan Indonesia yang termasuk clean food, alias menggunakan bahan dan cara pengolahan alami. Pada dasarnya, bakso terdiri dari daging cincang dan sedikit tepung tapioka. Artinya protein daging dan karbohidrat bisa didapat sekaligus ketika makan bakso.

Meski begitu, manfaat bakso jadi tidak maksimal kalau disantap dengan bakwan, gorengan, dan bihun. Karena ketiga jenis pendamping tersebut mengandung kalori dan karbohidrat tinggi.

Pilihlah jenis bakso homemade, bukan instan yang biasanya dijual dalam bentuk frozen di supermarket. Karena frozen food jelas tidak diproses secara alami, termasuk bahan-bahan kimia tambahan seperti pengawet dan penyedap rasa.
2. Sate

Jenis sate yang dianjurkan adalah yang menggunakan bumbu kacang. Baik sate ayam, sapi, atau kambing tidak masalah untuk dikonsumsi, selama bagiannya serat daging. Beda cerita kalau misalnya kamu pesan sate ayam dengan kulit atau sate kambing dengan lemak di mana-mana.

Selain itu, ada baiknya bumbu kacang dan daging dipisah alias gak dituang langsung di atas sate. Alternatif lain, kamu bisa minta bumbu setengah porsi saja. Tujuannya memang meminimalisir konsumsi bumbu.

3. Sup
Sup yang dimaksud adalah yang menggunakan kuah kaldu bening dan isian sayur segar. Umumnya berisi wortel, kentang, buncis, seledri, dan potongan ayam. Namun, menggantikan kaldu ayam dengan daging sapi juga tidak masalah dan tetap mengandung nutrisi baik.

Karena tidak digoreng, sup mengandung lemak lebih sedikit. Namun, penggunaan MSG dan gula di dalam sup perlu diminimalisir saat memasak sendiri di rumah.

Makanan ini juga baik disantap bersama karbohidrat kompleks, contohnya nasi merah atau oatmeal. Kuahnya bakal bikin kamu merasa lebih kenyang meski jumlah makanan yang kamu santap sebenarnya tak terlalu banyak.
4. Tumisan

Di samping sup, tumisan adalah jenis makanan yang paling mudah dibuat. Tidak ada aturan tertentu soal bahan-bahan apa saja yang boleh dan tidak boleh digunakan.

Kamu bisa membuat cah sayur, orek tempe, atau gabungan antara sayur dan daging. Intinya, sesuaikan dengan selera dan kebutuhan harianmu. Alvin merekomendasikan olive oil atau canola oil sebagai pengganti minyak kelapa dengan saat menumis.

Baca Juga: Daftar Makanan Pedas Wajib Coba

5. Gado-gado

Karena mayoritas terdiri dari sayur, gado-gado jadi makanan yang sehat untuk dikonsumsi. Ada gizi seimbang dalam satu porsinya. Di antaranya serat, vitamin, dan mineral dari sayuran, karbohidrat dari lontong, serta protein dari telur dan tempe goreng.

Tapi yang perlu diwaspadai adalah takaran bumbu yang kamu makan, karena saus kacang gado-gado mengandung kalori tinggi. Lebih aman, kamu bisa membuat saus kacang sendiri di rumah untuk memastikan bahan-bahan yang digunakan aman dan lebih sehat.

Related posts