Gohu Ikan Khas Ternate

Gohu Ikan Khas Ternate

Gohu Ikan – Salah satu masakan khas Ternate adalah gohu ikan. Penyebutannya harus lengkap: gohu ikan. Soalnya, kalau hanya disebut gohu, maka artinya adalah rujak pepaya muda yang juga populer di Sulawesi Utara. Gohu ikan khas Ternate dibuat dari ikan tuna mentah. Tidak heran bila banyak orang menyebutnya sebagai sashimi Ternate.

Umumnya, di Ternate, gohu ikan dibuat dari ikan tuna. Bila tuna sedang tidak musim, ikan cakalang juga dapat dipakai meski teksturnya tidak semulus tuna.

Daging tuna segar dipotong kecil-kecil, dicuci, kemudian dilumuri dengan garam dan perasan lemon cui (semacam jeruk nipis yang harum dan dalamnya berwarna kuning-jingga), kemudian dicampur dengan rajangan kasar daun balakama (kemangi). Bawang merah dan cabe rawit (disebut rica gufu di Ternate) dirajang kasar, lalu ditumis dengan sedikit minyak kelapa. Minyak kelapa panas dengan bawang merah dan cabe rawit ini kemudian dituangkan ke potongan ikan tuna mentah. Kemudian ditaburi kacang tanah goreng yang ditumbuk kasar.

Baca Juga :

Soto Rawon Khas Surabaya

Ayam Betutu Khas Bali

Meski tidak dimasak di atas api, daging tuna yang kemerahan akan menjadi putih karena disiram dengan perasan lemon cui. Daging ikan itu sudah masak karena pengaruh perasan air lemon. Gohu ikan ini paling cocok dimakan dengan pisang atau singkong rebus sebagai sumber karbo.

Resep Gohu Ikan

Bahan :

  • 200 gram ikan tuna, potong dadu, cuci bersih
  • 1 genggam kacang tanah kupas, goreng hingga kekuningan, ditumbuk kasar
  • 4 sdm minyak kelapa kletik

Bumbu :

  • 5 cabai rawit, dirajang kasar
  • 1 genggam kemangi, dirajang kasar, saya pakai peterseli
  • 8 siung bawang merah, dirajang kasar
  • 2 jeruk lemon cui (bisa diganti dengan jeruk nipis biasa)
  • ΒΌ sdt garam

Cara membuat gohu ikan khas Ternate :

  1. Ikan tuna mentah dilumuri perasan jeruk nipis dan garam, campurkan rajangan kemangi.
  2. Campurkan rajangan cabai rawit, bawang merah, dan kacang tanah
  3. Siram dengan minyak yang sudah dipanaskan. Bila ingin agar tuna lebih matang, minyak panas dapat ditambah, hingga semua permukaan tuna terkena minyak panas
  4. Sajikan segera dengan singkong atau pisang rebus

Related posts