Kacimuih Jajanan Tradisonal Khas Minang Kabau

Kacimuih Jajanan Tradisonal Khas Minang Kabau

Daftarkulinerindonesia.web.id – Hari ini akan kami bahas mengenai salah satu wisata kuliner ke Sumatra Barat yang bernama Kacimuih . selain terkenal dengan kuliner rendangnya yang sudah mendunia, Sumatra Barat juga terkenal dengan kue-kue yang mengundang selera untuk dicoba. Salah satunya adalah Kacimuih. Nama dan bentuk makanan khas Minangkabau , Sumatera Barat ini memang terbilang unik. Dilihat dari bentuknya, secara sekilas kue ini tidak mengundang selera untuk mencicipinya, tetapi jika lidah telah menyentuhnya , dijamin bisa membuat ketagihan.Kacimuih adalah makanan yang terbuat dari singkong dan diberi campuran parutan kelapa . Untuk membuat Kacimuih jajanan tradisional khas Minangkabau ini tidak terlalu sulit.

Pertama-tama singkong dikupas dan dibersihkan dari kotorannya, kemudian singkong yang telah bersih diparut kasar dan dikukus sampai matang. Yang harus benar-benar diperhatikan adalah kematangan singkong , karena kenikmatan kacimuih ini terletak dari tekstur kematangan singkongnya.

Setelah matang, singkong dicampur dengan parutan kelapa dan gula pasir . Parutan singkong , kelapa dan gula pasir harus diaduk , setelah itu baru dibentuk dengan cetakan. Untuk menikmati Kacimuih ini, ada dua pilihan, yaitu dengan taburan gula putih atau gula aren. Untuk kacimuih yang menggunakan gula aren, agak repot sedikit. Parutan kelapa dimasak terlebih dahulu dengan gula aren yang telah dicairkan, kemudian diletakkan di atas singkong yang telah matang.

Baca Juga : Pecak Gurame dan Sayur Asem Betawi yang Pedas Gurih Ada di Tempat Ini

kacimuih memiliki paduan rasa yang unik. Gurihnya singkong dan kelapa parut berpadu dengan campuran gula putih di atasnya akan memberikan rasa yang lezat . Selain itu sensasi menikmati tekstur kacimuih saat disantap, terasa begitu menyenangkan. Walaupun kacimuih ini sudah mulai sulit ditemukan, tapi di beberapa pasar tradisional, khususnya di Kota Bukittinggi masih ada yang menjualnya. Harga jajanan ini tidak mahal, hanya Limaribu Rupiah.

Di kalangan orang Minangkabau kueKacimuih ini merupakan makanan yang bisa untuk menghilangkan rasa lapar sementara. Makanan kacimuih ini juga sering disebut dengan makanan sehat, karena bahan-bahan yang digunakan mengandung bermacam gizi seperti serat, magnesium, vitamin C dan asam lemak. Selain itu singkong dan parutan kelapanya juga bermanfaat untuk menambah energi.

Related posts