Kuliner Bali Paling diminati Para Turis 

Kuliner Bali Paling diminati Para Turis 

Kuliner Bali Paling diminati Para Turis – Mungkin anda sudah pernah membaca artikel serupa atau sejenis,tapi artikel ini berbeda karena sudah kami ambil dari sumber terpercaya , berikut kuliner Bali dengan peminat turis paling banyak.

Sebagai provinsi penyumbang devisa pariwisata terbesar di Indonesia, Bali memang sangat istimewa. Tak hanya punya daya tarik keindahan alamnya saja, Bali juga mampu membuat siapapun terpikat dengan aneka kuliner khasnya. Bahkan tak sedikit dari orang-orang yang ingin kembali ke Bali hanya untuk mencicipi berbagai masakan khas Bali.

Yang menarik, rupanya aneka kuliner Bali ini tidak hanya disukai oleh turis lokal saja. Karena ada banyak sekali makanan Bali kesukaan bule yang sangat menggoyang lidah. Saking senangnya, turis asing sampai rela terbang ke pulau Dewata hanya untuk mencicipi satu dari tujuh kuliner Bali ini. Memangnya apa saja saja sih masakan khas Bali yang begitu disukai turis asing?

Nasi Goreng Bali

Tak ada yang bisa menolak pesona nasi goreng. Masakan yang tampaknya bisa dijumpai di seluruh pelosok Tanah Air ini kendati begitu sederhana, justru mampu membuat perut siapapun bergejolak. Begitu pula dengan nasi goreng Bali yang sangat disukai oleh turis asing. Berbeda dengan nasi goreng yang dijual di Jawa, nasi goreng Bali begitu khas dengan irisan kol tipis yang lembut.

Karena merupakan pulau yang dikelilingi lautan dan berbagai pantai cantik, nasi goreng Bali juga diberi lauk seafood yakni udang. Rasa nasi goreng Bali pun unik karena tak hanya pedas, melainkan ada rasa asam yang segar. Rasa asam ini didapat dari campuran tomat dan perasan air jeruk nipis.

Sate Lilit

Tak lengkap rasanya ke Bali kalau belum mencoba kuliner khas ini. Yap, pendapat seperti itu rasanya juga dipahami betul oleh para turis asing sehingga membuat mereka sangat doyan sate lilit. Mayoritas sate lilit yang ada di Bali biasanya menggunakan campuran daging ikan tenggiri dan ayam yang sudah digiling.

Sementara itu aneka rempah sebagai pelengkap digunakan sebagai bumbu yang membalurnya. Daging dan bumbu itu kemudian dicampur tepung serta kuning telur sebelum akhirnya dililitkan ke batang serai dan dipanggang.

Bebek Betutu

Bebek betutu menjadi masakan Bali favorit bule lainnya karena memang luar biasa nikmat. Dikenal sangat lezat, bebek betutu pada dasarnya adalah daging bebek yang sudah dicampur berbagai rempah istimewa lalu dibungkus daun dan diasapi hingga matang. Karena butuh proses masak lumayan lama, porsi bebek betutu ini memang terbatas sehingga pastinya siapa cepat dia dapat.

Nasi Jenggo

Bali tidaklah selamanya mengenai kemewahan dan liburan dengan budget tinggi. Namun ada banyak sekali kuliner murah meriah yang ramai di kantong. Jangan salah, masakan murah itu justru juga diburu bule karena keunikannya. Salah satunya adalah nasi jenggo alias nasi jenggo yang serupa sego kucing di Yogyakarta.

Yang unik, kata jenggo berasal dari bahasa Hokkien jeng go yang artinya seribu lima ratus. Namun jaman berkembang, harga nasi jinggo disesuaikan meskipun masih murah meriah. Banyak dijual di sudut-sudut jalan pulau Bali, nasi jinggo terdiri dari nasi putih, sambal goreng tempe, serundeng, ayam suwir dan sambal dalam porsi kecil yang dibungkus daun pisang.

Nasi Tempong

Sebetulnya masakan ini tidaklah berasal dari Bali, melainkan Banyuwangi. Namun karena posisi Banyuwangi dan Bali berdekatan, kini banyak penjual nasi tempong di pulau Bali dan begitu disukai wisatawan asing. Nasi tempong adalah kumpulan sayur seperti bayam, kenikir dan daun kemangi yang direbus serta aneka lauk pauk.

Ciri khas utama nasi tempong adalah aroma kencur dari sambal kacang yang disiramkan. Bisa ditemukan cukup mudah di Bali, salah satu penjual nasi tempong yang paling populer adalah Nasi Tempong Indra di Denpasar yang punya sensasi pedas tanpa tanding.

Related posts