Kuliner Ikan tombur

Kuliner Ikan tombur

daftarkulinerindonesia.web.id – Masakan ikan yang satu ini adalah khas Batak. Dengan racikan cabe yang pedas, dengan rasa lembut dari ikan mujahir. Tapi soal penampilan jangan tertipu, karena rasa sambalnya buat. Tapi saat dimakan rasanya sambalnya buat ketagihan.

Ikan nanitombur merupakan salah satu makan khas Batak Toba yang berasal dari Sumatera Utara. Rasa dari ikan nanitombur sangat enak karena rasanya sangat mengigit di lidah.Memasak ikan nanitombur cukup mudah. Biasanya ikan yang ditombur adalah ikan mas, ikan mujahir, ikan nila atau pun lele. Pertama sekali ikan dibakar kemudian dibumbui dengan resep khusus.

Baca juga : Kwetiau Kerang

Cara memasak ikan tombur pertama sekali ikan harus dibersihkan hingga bersih. Kemudian dicampur dengan jeruk nipis dan ikan siap digoreng. Sambil menunggu, bumbu yang digunakan dibakar seperti bawah putih, bawang merah dan kemiri. Sementara cabe, rias, dan tomat digoreng. Kemudian semua bumbu tersebut digiling halus ditambahkan andaliman serta garam secukupnya sesuai selera.

Bumbu Tombur Ikan yang sudah dibakar disiram dengan bumbu yang sudah selesai digiling, atau bisa juga disajikan terpisah menjadi sambal cocol. Bumbu sambal tombur dengan campuran andaliman dan ikan tombur berhasil menggigit lidah setiap orang yang memakannya. Rias dan kemiri mencipatakan aroma yang khas untuk tombur. Jika berkunjung ke daerah Sumatera Utara khususnya daerah pesisir Danau Toba jangan lupa untuk mencicipi makanan ini karena menjadi salah satu makanan kebanggaan orang Batak.

Baca juga : Kuliner Nasi Bekepor

Anda bisa menyantap kuliner ikan Tombur ini bersamaan dengan berwisata ke Danau toba sambil menikmati keindahan pulau samosir dan danau Toba nya.

Related posts