Kuliner Lemang Khas Aceh

Kuliner Lemang Khas Aceh

Daftarkulinerindonesia.web.id – Kuliner yang bernama Lemang ini memang merupakan sajian masakan yang rasanya dapat menggugah selera. Di nusantara sendiri, sajian ini didominasi di berbagai daerah. Namun yang paling banyak, makanan ini sangat mudah ditemui di kawasan aceh. Lalu, apakah benar sajian khas ini berasal dari aceh? Makanan ini memang menjadi salah satu masakan khas nusantara. Tentu di berbagai daerah memiliki satu hidangan yang berbeda dari daerah lainnya.

Contoh di Jogja ada gudeg. Dan di Sumatera sendiri ada Lemang yang mana menjadi sajian andalan di hari-hari tertentu. Meskipun begitu, sajian tersebut tersedia di berbagai tempat. Contohnya adalah Malaysia, brunei dan berbagai kawasan di asia tenggara. Makanan Lemang khas aceh ini memang cocok Anda makan sebagai makanan pendamping

Sekilas Mengenai Lemang Aceh

Lemang merupakan sajian makanan yang berbahan dasar beras ketan. Cara pembuatannya adalah dengan mengolah bahan, kemudian dibakar sampai matang. Cara pembuatannya memang mirip di berbagai kawasan asia tenggara, termasuk Malaysia yang paling banyak mengenalkan sajian tersebut. Anda tentu melihat pada acara anak-anak seperti upin ipin bukan? Salah satu tokohnya bernama Mail biasanya memperjualbelikan lemang tersebut.

Tentu dengan adanya pengenalan ini, Anda tentu mengira kalau sajian ini memang khas dari Malaysia. Perlu diketahui, lemang ini adalah sajian khas bangsa melayu. Bangsa melayu sendiri tersebar luas di asia tenggara, termasuk yang berada di Indonesia dan brunei. Ketika memasuki Indonesia, tentu ada percampuran budaya yang mana menjadikan daerah tersebut lebih mencirikan kekhasan bangsa melayu.

Bahkan Indonesia sendiri ada yang mengatakan kalau termasuk bangsa melayu. Oleh karenanya, tidak mengherankan jika sajian makanan khas di kawasan tertentu juga mirip atau sama. Di aceh sendiri, lemang memang telah menjadi sajian khas. Terutama dibuat pada acara-acara besar keagamaan. Contoh paling umum pembuatan lemang ada di bulan ramadhan. Selain itu, upacara adat di aceh juga ada yang menyediakan sajian tersebut. Entah dari mana asalnya makanan tersebut, yang pasti lemang menjadi sajian yang enak untuk dikonsumsi oleh masyarakat asia tenggara.

Cara Membuat Lemang Aceh

Sebenarnya tidak ada bedanya antara cara pembuatan lemang di Malaysia maupun di Indonesia. Cuma yang membedakan adalah cara penyajiannya, apalagi jika sajian ini disajikan di daerah tertentu. Lemang sendiri terbuat dari bahan dasar beras ketan. Beras ketan ini nantinya akan diolah bersamaan dengan santan, pandan wangi, garam, serta bawang merah.

Adonan tersebut kemudian dibalut dengan pucuk daun pisang yang masih muda. Baru setelahnya dimasukkan ke dalam sebuah bambu yang telah dipotong dan dibersihkan. Ketika semua adonan telah masuk ke dalam bambu. Bambu selanjutnya dibuat berdiri untuk dibakar dengan api.

Proses membakar ini memakan waktu agak lama. Minimal, pembakaran membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam. Semuanya tergantung pada besar kecilnya api. Jika terlalu besar, api bisa membakar keseluruhan lemang yang menjadikannya kurang bagus. Sementara bila terlalu kecil, proses pembakaran tentu akan memakan waktu lebih lama lagi. Jadi, Anda perlu memperhatikan dengan cemat saat proses membakar lemang.

Baca Juga : Kacimuih Jajanan Tradisonal Khas Minang Kabau

Cara Menyajikan Lemang Aceh

Setiap daerah memiliki cara tersendiri untuk masalah penyajian. Penyajian ini menentukan selera siapa saja yang ingin mengkonsumsinya. Cara penyajiannya diantaranya adalah dengan membuka lemang. Kemudian disisipi dengan lauk pauk sebagai makanan pelengkap.

Sebagai pelengkapnya, ada juga yang menyajikannya dengan menempatkan rendang ke dalam sajian di atas piring. Ada juga yang menyajikannya dengan menambahkan selai. Terutama bagi penikmat lemang yang membutuhkan rasa manis di dalam penyajiannya.

Tak hanya itu pula, ada sejumlah orang yang melengkapinya dengan buah-buahan. Contoh paling biasa adalah menyajikannya bersama dengan buah durian. Dari sekian banyaknya cara menikmati lemang, cara menikmati seperti ketika Anda menikmati ketupat adalah cara yang masuk akal. Selain rasanya enak, Anda juga akan merasa kenyang.

Related posts