Makanan Khas Papua yang Unik dan Enak

Makanan-Khas-Papua-yang-Unik-dan-Enak

daftarkulinerindonesia – Papua, pulau di bagian timur Indonesia ini memiliki daya tarik sendiri, keeksotisan budaya dan pemandangannya pun tak kalah dari spot wisata lain. Sama halnya dari sisi kuliner, ternyata banyak banget makanan khas Papua yang jarang kita ketahui selama ini, namun punya cita rasa yang super enak. Jangan ngaku cinta Indonesia kalau belum cobain semua makanan ini!

1. Kue Lontar

kue-lontar

Yang paling dikenal orang sebagai salah satu kuliner khas Papua yaitu kue lontar. Jangan heran kalau bentuknya mirip dengan pie susu atau cheesetart yang lagi hits sekarang ini. Papua sudah lebih dulu membuat kreasi bentuk seperti ini dengan olahan susu dan gula.

2. Ikan Bakar Manokwari

Ikan-Bakar-Manokwari

Namanya saja sudah Ikan Bakar Manokawari, tentu makanan khas Manokwari, Papua ini wajib kamu coba langsung sensasinya. Menu ini biasa ditemukan di warung-warung atau rumah makan pinggir jalan, di mana cita rasa ikan tongkol diberi sambal khas Papua yang pedas. Dimakan bareng nasi putih hangat pasti enak, nih!

Baca Juga : BEBERAPA MAKANAN TRADISIONAL JAWA TERKENAL PALING ENAK

3. Ikan Bungkus

Ikan-Bungkus

Wah kalau kamu sudah menyantap ikan bungkus khas Papua, pasti ketagihan! Ikan ini disajikan dengan bumbu teramat kaya akan rempahnya, sehingga terasa begitu wangi dan nikmat. Proses pembuatannya pun cukup lama karena dibakar di atas api kecil agar semua bumbu meresap ke dalam daging.

4. Sagu Lempeng

sagu-lempeng

Sagu Lempeng merupakan kue yang sangat umum ditemukan di daratan Papua, bahkan dapat kamu cari di setiap sisi kota. Warga sekitar biasa menikmati ini bersama secangkir teh atau kopi hangat sambil bersantai di sore hari. Tapi jangan kaget ya jika gigitan pertamamu terasa sangat keras, karena inilah yang menjadi ciri khas Sagu Lempeng!

5. Papeda

papeda

Siapa yang tak kenal dengan Papeda? Makanan ini begitu digemari warga sekitar dan bikin wisatawan penasaran karena tampilannya yang kental dan unik. Makanan ini terbuat dari bahan dasar tepung sagu sehingga tak heran jika teksturnya kental. Selain itu cara makannya dengan menggulung makanan menggunakan gata-gata (terbuat dari bambu), baru hidangan siap disantap. Jangan khawatir, kandungannya baik untuk kesehatan, lho!

Gimana, tercengan kan melihat beberapa list di atas? Hampir semuanya jarang kita temukan di kehidupan sehari-hari, padahal cita rasanya tak kalah bersaing dengan kuliner khas kota lainnya. Yuk cintai Indonesia lebih dalam lagi, salah satu contohnya dengan tergerak untuk mencicipi sajian-sajian khas kota lain yang jarang kita sadari selama ini.

Related posts