Mengenal Gulai Siput Riau

Mengenal Gulai Siput Riau

Daftarkulinerindonesia.web.id – Gulai Siput dari Riau ini menunjukkan betapa kayanya Indonesia dengan makanan dan minuman tradisionalnya. Selama ini siput lebih dikenal sebagai hama tanaman, terutama di sawah siput menjadi hama tanaman padi, pakan ternak bebek, atau sesuatu yang dibiarkan begitu saja.

Siput merupakan hewan cangkang bergelung dan berbeda dari keong. Siput memiliki ukuran lebih kecil daripada keong. Untuk membuat Gulai Siput, bumbu yang digunakan seperti bumbu rempah pada umumnya, berwarna kuning serta dicampur santan sehingga terasa kenikmatannya lewat rasa gurihnya.

Masyarakat Tanjung Pinang, Riau ini ternyata mampu mengolahnya menjadi sebuah kuliner penuh rasa rempah yang lezat dan disukai. Gulai Siput sendiri dalam bahasa dialek Kuantan Singingi disebur dengan “Gulai Cipuik”, sedang dalam bahasa Melayu Rokan disebut dengan Rengkitang.

Bahan pembuat Gulai Siput, yang utamanya adalah siput dapat ditemukan di pasar-pasar tradisional Riau. Jadi terkadang tak perlu berburu langsung di sawah-sawah atau tempat lainnya untuk mendapatkan siput ini. Dan tentu saja yang dijual di pasar tradisional adalah siput yang sudah bersih. Biasanya yang digunakan adalah siput sedut.

siput sedut atau juga dikenali sebagai belitung, siput mata merah merupakan sejenis kerang-kerangan siput air tawar yang boleh di makan dan banyak dijual di pasar, terutama pasar tani. Nama sainsnya adalah Cerithidea obtusa.

Baca Juga : Mengenai Panada Kue Khas Manado

Hampir sama seperti bumbu gulai pada umumnya, sensasi rempah Gulai Siput tedapat pada perbedaan bahan utamanya. Jika Anda pernah memakan gulai ikan atau lainnya, nah Gulai Siput ini hampir sama rasanya, hanya dengan kekenyalan berbeda. Meski demikian, tak ada salahnya Anda mencoba kuliner satu ini, bisa jadi ada rasa berbeda dibanding gulai dengan bahan utama berbeda lainnya.

Bumbu-bumbunya mudah didapat di dapur ibu. Sebut saja lengkuas, serai, daun salam, jahe, kemiri, merica bubuk, bawang merah, bawang putih, cabe, yang kesemuanya disatukan. Tak lupa, gula, garam dan minyak secukupnya. Juga tentu saja santan dan siputnya.

Gulai siput di Riau, akan banyak Anda jumpai di bulan Ramadan. Hampir setiap rumah berbuka dengan menggunakan masakan ini. Kandungan vitaminnya luar biasa. Rasanya yang gurih menjadikannya menu favorit hidangan buka puasa.

Nah, tunggu apa lagi. Cobalah Gulai Siput bila Anda sedang berada di Riau. Selain unik dan lezat, harga seporsi Gulai Siput ini juga tak akan sampai membuat kantong Anda kering. Gulai Siput dengan rasa penasaran menggoda memang sulit dihiraukan bukan?

Related posts