Nasi Ampok Khas Blitar

kuliner indonesia nasi ampok

Nasi Ampok Khas Blitar – Blitar adalah sebuah kota yang terletak di Timur Pulau Jawa,merupakan kota terkecil kedua setelah Kota Mojokerto.Blitar juga sering disebut sebagai Kota Proklamator atau Patria karena di kota ini terdapat makam Presiden Pertama Republik Indonesia yaitu Soekarno.Luas wilayah Kota Blitar hanya sebesar 32,58 Km2 atau hanya sebesar 0,068% dari luas keseluruhan Provinsi Jawa Timur. Kota Blitar hanya memiliki tiga kecamatan. Bahkan seluruh wilayah Kota Blitar hampir sama dengan luas wilayah satu kecamatan dalam Kabupaten Blitar.

Kota Blitar dapat ditempuh kurang lebih 5-6 jam perjalanan darat dari Ibukota Provinsi. Letak astronomis Kota Blitar berada pada koordinat 112o14′-112o28′ Bujur Timur dan 8o2′-8o8′ Lintang Selatan.selain mempunyai daya tarik wisata,blitar juga mempunyai berbagai macam kuliner yang khas dan tak kalah nikmat,salah satunya nasi Ampok.Nasi Ampok adalah makanan pengganti nasi yang terbuat dari jagung. Nasi Ampok sangat lezat apabila  disantap dengan sambal tomat dan sayur rebus (urap-urapan) dan ditambah dengan ikan asin, meski terdengar ndeso ternyata ampok ini mempunyai banyak manfaat.

Kamu bisa menjumpai kuliner ini di sekitar alun-alun Blitar,harganya sangat terjangkau oleh kantong kita,namun jangan diragukan kelezatannya namun  menyehatkan.Tidak dipungkiri memang Nasi Ampok tidak semua orang doyan, namun tidak sedikit yang terus mengkonsumsinya. Apalagi dengan alasan kesehatan, Nasi Ampok menjadi alternatif yang bagus mengurangi kadar gula dalam tubuh.

Jika kalian berminat untuk membuat Nasi Ampok sendiri,saya akan membagikan resep dan cara membuatnya ya,untuk lauknya tergantung selera masing-masing.

Bahan-bahan:

  • 1 piring nasi jagung
  • 1 batang daun bawang, potong-potong
  • 2 siung bawang putih, digeprek
  • 4 buah bawang merah, digeprek
  • Garam, merica secukupnya
  • 1/2 sdt kecap asin
  • 1/2 sdt saos raja rasa
  • 1/4 sdt minyak wijen
  • bawang merah goreng secukupnya untuk taburan

Cara membuat

  1. Panaskan 1 sdm minyak goreng. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum.
  2. Masukkan nasi jagung. Aduk rata. Tambahkan garam dan merica secukupnya.
  3. Tambahkan daun bawang. Aduk rata. Masak hingga layu. Angkat.
  4. Sajikan selagi hangat dengan taburan bawang merah goreng,ikan asin,tempeyek atau telur mata sapi.

Related posts