Nasi Kentut Kuliner Unik Khas Medan

Nasi Kentut Kuliner Unik Khas Medan

Daftarkulinerindonesia.web.id – Surganya makanan lezat. Mungkin kata-kata tersebut pantas ditujukan pada Kota Medan. Ya, ibu kota provinsi Sumatera Utara ini menyimpan beragam kuliner yang patut diacungi jempol kelezatannya. Mulai dari bika ambon, bolu meranti, hingga pancake durian.

Tahukah kamu, selain sederet makanan lezat tersebut, Medan juga memiliki satu kuliner khas yang unik. Adalah nasi kentut, kuliner dari Kota Medan yang terkenal akan namanya yang unik.

Kendati nama dari hidangan ini cukup aneh, namun tak perlu khawatir, kuliner nasi kentut justru memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Nama kentut sendiri berasal dari jenis daun yang digunakan sebagai campuran dalam hidangan nasi.

Daun kentut atau yang dikenal juga dengan nama daun sembukan memiliki khasiat yang dapat melancarkan pencernaan. Tak hanya itu, tumbuhan merambat ini juga bisa mengobati sariawan, penyakit maag, hingga mengatasi perut kembung.

Baca Juga : Sensasi Unik Botok Tawon Banyuwangi

Selain dijadikan sebagai campuran nasi, daun kentut juga biasanya disantap sebagai lalapan. Aroma daun yang sangat khas dan harum akan menambah aroma pada hidangan nasi yang tentunya semakin menggugah selera.

Hidangan nasi kentut terdiri dari nasi yang dimasak dengan berbagai rempah-rempah, daun kentut, dan dibungkus dengan daun pisang. Tak ketinggalan, berbagai lauk pauk mulai dari ayam goreng, ikan pepes, tempe, dan tahu goreng menemani sajian nasi nikmat ini. Dan, ditambah aneka sambal seperti sambal hijau, sambal terasi, hingga sambal goreng, membuat sajian nasi kentut semakin lezat.

Cita rasa dari nasi yang gurih dan aromanya yang sangat menggoda membuat hidangan yang satu ini sangat populer di kalangan masyarakat Kota Medan. Harganya pun sangat bersahabat, hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp 5 ribu hingga 12 ribu saja, kuliner lezat dan menyehatkan ini sudah dapat disantap.

Related posts