Pecel Lele Khas Lamongan

Pecel Lele Khas Lamongan

daftarkulinerindonesia.web.id Pada artikel kali ini kami akan memberikan artikel mengenai  Pecel Lele Khas Lamongan.Berikut ini artikel yang memberikan ulasan dan pembahasan mengenai Pecel Lele Khas Lamongan

Lamongan merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki beberapa kuliner khas. Anda mungkin sudah mengenal Tahu Telur Lamongan, Soto Lamongan, bahkan Pecel Lele Lamongan. Beberapa kuliner tersebut sudah terkenal hingga ke berbagai daerah lain. Kita bisa mudah menemukan warung-warung di pinggir jalan yang menyediakan menu makanan tersebut. Dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang kuliner Lamongan yaitu Pecel Lele. Bila Anda masih cukup asing dengan istilah pecel lele, Anda mungkin sudah mengenal lalapan lele ataupun lele sambal. Ya, pecel lele memang bukanlah kuliner dengan bahan lele yang disiram dengan sambal pecel yang berbahan kacang tanah. Pecel lele di sini adalah lele goreng yang dihidangkan bersama dengan sambal tomat terasi dan dengan lalapan. Anda tak akan menemukan kesulitan berarti ketika mengolah Resep Pecel Lele Lamongan yang lezat dan gurih. Ini bisa menjadi salah satu variasi menu dengan bahan dasar lele.

Harga dari pecel lele yang disediakan di berbagai warung makan di pinggiran jalan termasuk murah dan rasanya juga sangat lezat. Maka, tak heran bila banyak orang menyukai kuliner yang satu ini. Anda ingin menyantap kuliner khas Lamongan yang terkenal dengan kelezatan dan rasa gurihnya ini? Anda tak perlu kesulitan untuk berburu warung makan yang menyediakan menu ini karena Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Berikut ini adalah suatu resep untuk membuat pecel lele khas Lamongan yang gurih dan nikmat.

Bahan untuk Membuat Pecel Lele

Beberapa bahan dan bumbu untuk perendam yang dibutuhkan dalam Resep Pecel Lele Lamongan adalah berikut ini:

  • lele segar sebanyak satu kilogram, bersihkan bagian isi perut dan cuci hingga bersih
  • ketumbar satu sendok teh
  • garam satu sendok makan
  • bawang putih 3 siung
  • air jeruk nipis
  • 2 cm kunyit
  • Air 100 ml

Semua bumbu tersebut dihaluskan bisa dengan menggunakan ulekan ataupun diblender. Pastikan bumbu bisa benar-benar halus. Anda tambahkan air dan campurkan bumbu hingga merata. Lele yang sudah dibersihkan tadi kemudian direndam dalam bumbu perendam hingga bumbu benar-benar meresap.

Baca Juga :Resep Gado Gado Suroboyo

Sambil menunggu bumbu meresap ke dalam lele, Anda bisa menyiapkan bumbu untuk sambal pecel lele.
Bumbu yang dibutuhkan antara lain adalah:

  1. tomat besar satu buah
  2. 10 buah cabai rawit tua
  3. cabai merah besar 6 buah
  4. cabai keriting 6 buah
  5. bawang merah 2 siung
  6. gula merah ataup putih 2 sendok teh
  7. garam 1 sendok teh
  8. terasi matang 3 sendok teh
  9. perasan jeruk limau

Untuk membuat sambal pecel lele juga tidak sulit. Anda rebus terlebih dahulu tomat, cabai merah, cabai rawit, cabai keriting, dan bawang merah hingga matang. Setelah itu angakat kemudian haluskan bersama garam, terasi, dan gula. Setelah semua bahan sambal tercampur, Anda tambahkan perasan jeruk limau untuk menambahkan citarasa sambal menjadi lebih segar dan nikmat. Sambal pecel lele telah siap.

Cara Membuat Pecel Lele

  1. Anda siapkan penggorengan dengan minyak goreng yang cukup banyak agar nanti ketika digoreng lele bisa terendam sempurna dalam minyak. Sistem penggorengan ini akan membuat ikan lele menjadi lebih renyah dan tidak mengandung banyak minyak.
  2. Setelah minyak panas, Anda masukkan ikan lele yang telah direndam dengan bumbu. Goreng ikan hingga matang dan kering. Kemudian, angkat dan tiriskan.
  3. Untuk menyajikan pecel lele, Anda bisa menyiapkan pelengkap seperti daun kemangi, mentimun yang diiris, tahu ataupun tempe goreng, dan daun kol.
  4. Pecel lele ini sangat enak dinikmati bersama nasi putih hangat.

Related posts