Perbedaan Batagor dan Siomay Makanan Khas Bandung

Perbedaan Batagor dan Siomay Makanan Khas Bandung

Daftarkulinerindonesia.web.id – Kuliner khas Bandung, Jawa Barat, tentunya sudah tak asing lagi dengan kuliner bernama batagor dan siomay. Kedua makanan ini memiliki cita rasa yang khas, lezat dan pastinya sehat. Saat berlibur ke Bandung, untuk menemukan penjual batagor dan siomay sangatlah mudah.

Oh iya, bicara mengenai batagor dan siomay, penting kita tahu bahwa kedua makanan ini adalah makanan yang berbeda. Meski disajikan bersama bumbu kacang yang sama, keduanya adalah makanan yang dibedakan oleh beberapa hal di dalamnya. Apa bedanya? Simak yang berikut.

Perbedaan Batagor dan Siomay

Batagor

Batagor merupakan makanan yang pertama kali dibuat di Bandung. Batagor adalah singkatan dari bakso tahu goreng. Beberapa pendapat menyebutkan jika batagor dibuat oleh pedangan tahu bakso asal Jawa Tengah yang merantau ke Bandung. Pembuatan batagor sendiri dilakukan secara tidak sengaja.

Baca Juga : Mengenal Amplang Kuku Macan

Untuk proses memasak, batagor dimasak dengan cara digoreng. Namun sebelum digoreng, batagor akan dikukus terlebih dulu. Batagor terbuat dari adonan tepung yang diberi campuran ikan cincang atau daging ayam cincang. Adonan tepung ini kemudian dibungkus dengan tahu. Seiring dengan berjalannya waktu, batagor terus mengalami modifikasi dan menjadi batagor dengan kulit tahu maupun pangsit seperti sekarang ini.

Siomay

Siomay sebenarnya bukan makanan asli Bandung. Siomay adalah makanan yang berasal dari Mongolia, sebagai sajian dinsum khas China. Siomay berasal dari kata “Shoa-Mau” yang artinya tepung terigu. Untuk mendapatkan rasa gurih, siomay dibuat dengan bahan utama tepung terigu dan daging, ikan juga udang cincang. Siomay biasa dibungkus dengan kulit pangsit kemudian dikukus hingga matang.

Jika batagor dimasak dengan cara digoreng, siomay dimasak dengan cara dikukus. Sama seperti batagor, siomay pun disajikan bersama saus kacang yang cenderung manis, pedas dan gurih. Di Indonesia khusunya di Bandung, siomay terus mengalami modifikasi. Siomay juga disajikan bersama sayur-sayuran seperti sayur pare, kentang, tahu dan kubis kukus.

Itulah perbedaan makanan khas nusantara batagor dan siomay. Semoga informasi ini bermanfaat.

Related posts