Resep Martabak Terang Bulan Matahari Lewat

Resep Martabak Terang Bulan Matahari Lewat

daftarkulinerindonesia.web.id Pada artikel kali ini kami akan memberikan artikel mengenai  Resep Martabak Terang Bulan. Berikut ini kami akan memberikan pembahasan yang berkaitan dengan artikel yang membahas mengenai Resep Martabak Terang Bulan.

Inilah resep terang bulan yang cukup praktis dan bisa Anda buat sendiri di rumah. Terang bulan adalah jenis kue yang memiliki ciri khas manis dengan teksturnya yang empuk. Berbagai macam varian isian di dalam kue ini cukup bervariatif. Anda bisa mengkreasikan sendiri apa jenis isian yang akan dipakai pada kue terang bulan yang akan Anda buat. Kue ini ada yang mengatakan bila mulanya berasal dari Bandung. Lama kelamaan, banyak sekali ragam jenis kue terang bulan dengan kekhasan wilayah masing-masing. Apa pun itu, Anda bisa mencoba membuat kue ini dengan cara Anda sendiri. Resep berikut ini cukup praktis untuk bisa Anda ikuti.

Kue terang bulan memiliki rasa yang khas dengan beberapa macam jenis sajian yang berbeda-beda. Anda bisa mencoba membuat kue ini menggunakan bahan-bahan yang mudah di dapatkan. Selain itu, pembuatan kue ini kadang juga memerlukan cetakan tersendiri supaya kue yang dihasilkan memiliki bentuk yang tepat. Entah itu apakah Anda akan membuat dalam bentuk mini atau pun bentuk yang lebar dan sudah dipotong-potong, Anda bisa mencoba membuatnya sesuai dengan kesukaan Anda. Kue ini memiliki isi yang semakin menambah cita rasa dari kue dengan tekstur yang empuk ini. Anda bisa menambahkan rasa coklat, selai kacang dan lain sebagainya untuk menambah nuansa lain pada kue yang akan Anda buat. Simak langkah-langkah dalam membuat kue ini dan Anda bisa segera mencobanya di rumah.

Bahan-bahan untuk Membuat Kue Terang Bulan

  • Siapkan dahulu beberapa bahan yang diperlukan untuk membuat kue terang bulan ini, di antaranya:
  • Tepung terigu cukup sebanyak seperempat kilogram.
  • Telur ayam sebanyak 2 butir.
  • Fernipan disiapkan sebanyak setengah sendok makan.
  • Sediakan 1 sendok teh baking powder untuk mengembangkan kue.
  • Vanili sebanyak satu sendok teh.
  • Gula pasir cukup sebanyak setengah sendok makan.
  • Sediakan air secukupnya.
  • Siapkan susu kental manis coklat atau putih, sesuaikan dengan selera Anda.
  • Meisess coklat secukupnya.
  • Bahan isian lain bisa Anda tambahkan sendiri seperti parutan keju, taburan kacang atau pun selai.

Baca Juga : Resep Rahasia Ayam Rujak Spesial

Cara Membuat Kue Terang Bulan dengan Mudah

  1. Setelah semua bahan terkumpul, sekarang saatnya membuat kue terang bulan dengan langkah yang cukup mudah. Simak baik-baik:
  2. Campurkan terlebih dahulu tepung terigu, fernipan, gula, vanili dan telur ayam. Mixer campuran bahan ini hingga tercampur dengan rata. Diamkan selama kurang lebih 30 menit dan tutupi dengan kain.
  3. Panaskan cetakan kemudian olesi dengan margarin tipis supaya tidak lengket dan mudah untuk mengangkat kue.
  4. Setelah 30 menit berlalu, buka adonan dan taburkan baking powder ke dalam adonan. Aduk hingga merata.
  5. Tuang adonan yang sudah tercampur dengan baking powder ke dalam cetakan yangsudah panas tadi.
  6. Tunggu hingga matang adonan ini kemudian angkat.
  7. Selagi masih panas, berikan taburan meises di atas kue ini. Tambahkan pula isian lain yang Anda inginkan seperti susu, keju atau taburan kacang.

Kue terang bulan siap dihidangkan dengan nikmat.Pembuatan resep terang bulan memang tidak begitu sulit. Anda harus memperhatikan bagaimana cara mengaduk adonan supaya tercampur dengan baik. Saat melakukan mixing juga perlu diperhatikan mengingat bila adonan tidak tercampur dengan baik, bisa jadi adonan tidak mengembang dengan baik. Komposisi bahan juga perlu diperhatikan sesuai dengan takaran yang dianjurkan. Ketidakseimbangan komposisi bisa menyebabkan kue menjadi bantet dan gagal. Tentunya Anda perlu memperhatikan hal ini supaya tidak mengalami kegagalan dalam membuat kue terang bulan.

Related posts