Sensasi Unik Botok Tawon Banyuwangi

Sensasi Unik Botok Tawon Banyuwangi

Daftarkulinerindonesia.web.id – Anda tentu sudah sering mencicipi makanan khas Jawa yang disebut botok. Biasanya botok terbuat dari kelapa dengan paduan ikan teri dan mlanding. Namun, Anda tentu akan penasaran dengan sensasi rasa Botok Tawon khas Banyuwangi Jawa Timur.

Botok Tawon memang tidak hanya berkembang di Jawa Timur, khususnya Banyuwangi, namun juga ada di berbagai daerah lainnya di Jawa Tengah. Tetapi, Botok Tawon khas Banyuwangi sedikit berbeda, karena tidak mempergunakan adonan kelapa muda. Adonan Botok Tawon khas Banyuwangi langsung mempergunakan larva tawon yang masih putih, lalu dipadu dengan lombok, gula merah, asam, tomat dan bawang merah.

Botok Tawon yang terkenal adalah buatan warung Bu Misnah, warga Desa Lemahbang Kulon, Kecamatan Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Di warung tersebut, Botok Tawon ala Banyuwangi ini sudah dikenal di masyarakat sekitar sebagai kuliner yang menyehatkan.

Pada prinsipnya Botok Tawon adalah makanan yang memanfaatkan lebah muda atau larva yang masih di dalam sarangnya, sering dikatakan sebagai tolo, untuk diolah dengan bumbu khas botok Jawa yang melezatkan. Walaupun sekarang sudah tidak terlalu mudah menemukan sarang lebah, namun biasanya penyedia Botok Tawon bekerjasama dan memanfaatkan hasil para petani lebah.

Baca Juga : Mengenal Gulai Siput Riau

Biasanya harga satu porsi Botok Tawon sekitar Rp 10.000. Tentu dengan harga itu, Anda tidak akan rugi karena Botok Tawon mengandung gizi yang tinggi. Apalagi, harga madu sekarang cukup mahal. Biasanya Botok Tawon enak disantap bersama nasi hangat, walaupaun awalnya rasanya agak berebda dengan botok umumnya, namun lama-kelamaan akan terasa sedap dan nikmat, antara gurih, pedas, asam dan manis larva tawon.

Para penyedia Botok Tawon biasanya sebelum memasak, akan merebus terlebih dahulu larva (tolo) yang masih di dalam sarang lebah. Hal tersebut dilakukan agar lilin sarang dapat terpisah dari larvanya. Kemudian dikukus dengan paduan bumbu lainnya kurang lebih 45 menit. Jika Anda tertarik kuliner khas Botok Tawon ini, silahkan Anda mampir ketika berkunjung di Banyuwangi. Memang, sajian Botok Tawon ini tidak hanya Anda temukan di Banyuwangi. Di berbagai daerah sekarang sudah teresdia sajian Botok Tawon ini. Tentu dengan rasa yang berebda di setiap daerah.

Bumbu yang digunakan untuk memasak Botok Tawon ini pun sangat sederhana yakni, garam, kemiri,tomat,lombok,kelapa yang sudah diparut dan gula secukupnya. Namun yang membedakan dengan botok lainnya hanyalah pada bahan utama yaitu sarang tawon atau lebah madu.

Related posts