Seruit Khas Lampung

Seriut Khas Lampung

Seruit – Jika selama ini banyak resep makanan dari daerah Jawa, Manado atau Padang, kali ini kita akan memberikan resep masakan khas Lampung. Resep seruit atau seruwit adalah resep khas Lampung yang akan kami bagikan kali ini.

Alasan kami membagikan resep ini karena selain sederhana, resep ini sangat mudah dibuat baik dari bahan maupun bumbu-bumbunya. Bahan utama dari makanan ini berupa ikan yang digoreng atau dibakar lalu dimakan bersama dengan sambal terasi, tempoyak atau mangga. Ikan yang biasa digunakan bermacam-macam sesuai selera dan ketersediaannya. Bisa juga menggunakan ikan tongkol, namun umumnya menggunakan ikan air tawar yang asalnya dari sungai seperti ikan layis, belide atau ikan baung. Dari asal katanya seruit atau seruwit berasal dari kata nyeruit yang artinya makan bersama-sama. Hal ini muncul karena masyarakat Lampung hingga saat ini masih gemar berkumpul antar keluarga atau antar tetangga untuk bersilaturahmi.

Dari adat istiadat itu hingga saat ini tradisi nyeruit masih biasa ditemui di daerah Lampung. Selain seruit di daerah Lampung juga memiliki makanan khas yang lain misalnya gulai balak yang juga pernah kami bagikan resepnya. Namun gulai balak hanya dilakukan saat acara pesta pernikahan atau pesta adat yang lain. Kembali lagi kepada seruit, seruit yang berupa makanan dari ikan goreng atau ikan bakar yang dinikmati bersama dengan sambal, bahan campuran yang lain ternyata juga sangat unik. Misalnya saja bahan tambahan yang biasa dicampurkan adalah mangga kweni. Nah dengan percampuran unik dari bahan seruit anda bisa membayangkan bagaimana rasa dari makanan khas Lampung ini, begitu enak dan nikmat dan bahkan menimbulkan rasa penasaran bagi anda yang belum pernah menikmatinya.

Nah apabila anda memiliki waktu luang dan memiliki bahan-bahan untuk membuatnya, anda bisa mencoba resep seruit yang akan kami bagikan kali ini. Meskipun anda tinggal jauh dari Lampung toh anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Sekaligus bisa untuk menjaga kelestarian budaya kuliner Nusantara. Untuk itu tak usah berlama-lama ngobrolnya kita simak saja yuk resep yang berikut ini.

Bahan-Bahan ;

  • 500 gram ikan tongkol (bisa diganti sesuai selera)
  • 1 sendok makan air jeruk nipis
  • 1 sendok teh garam
  • 2 siung bawang putih (dihaluskan)
  • 150 gram mangga kweni/kueni (dipoton tipis memanjang)
  • 1 buah tomat (potong tipis memanjang)
  • 50 ml air panas

Bumbu :

  • 6 butir bawang merah
  • 4 buah cabai merah
  • 1/2 sendok teh terasi (digoreng)
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir

Cara Membuat Seruit Khas Lampung ;

  1. Lumuri ikan tongkol menggunakan air jeruk nipis, garam dan bawang putih yang sudah dihaluskan, lalu biarkan selama kurang lebih 20 menit. Selanjutnya bakar ikan tongkol hingga matang, lalu angkat dan suwir-suwir ikan tongkol tersebut.
  2. Campurkan potongan mangga kweni/kueni, tomat dan suwiran ikan tongkol bakar, lalu aduk-aduk hingga rata. Campurkan bumbu yang sudah dihaluskan bersama dengan air panas. Selanjutnya siramkan campuran air dan bumbu ke dalam suwiran ikan tongkol, aduk hingga rata dan seruit siap disajikan.

Related posts