Surabi Bukan Jajanan Orang Bandung Saja

Surabi Bukan Jajanan Orang Bandung Saja

daftarkulinerindonesia.web.id Siapa sih yang disini tidak pernah menikmati jajanan yang satu ini? Kelegitan dari tekstur surabi dan saus gula merah yang bisa dikostumisasi merupakan sebuah kewajiban jika kalian mengunjungi kota Bandung.

“Surabi” surabi merupakan jajanan tradisional Kota Bandung yang sudah ada sejak dulu. Dengan berbahan dasar tepung beras, tepung terigu dan santan kelapa. Di masak menggunakan tungku sehingga menghasilkan rasa dan aroma yang khas.

Ada dua jenis surabi, yaitu surabi manis dengan menggunakan kinca dan surabi asin yang ditaburi oncom di atasnya, biasanya agak pedas.Kota Bandung adalah Kota parawisata selain banyak tempat2 liburan yang bagus untuk di kunjungi, Bandung juga adalah kota kuliner. Bahkan para wisatawan yang sedang berlibur di Bandung banyak yang mencari makanan khas yang satu ini.

Sudah terbukti surabi ini bukan hanya menjadi jajanan favorit urang Bandung. tapi juga para wisatawan yang sedang berlibur.Dari waktu-ke waktu, seiring perkembangannya telah banyak yang berinovasi menjadikan surabi ini makanan tradisional tetapi terdapat sentuhan2 modern nya juga.

“Surabi” kini dimodifikasi dengan berbagai toppingpilihan, bukan hanya kinca dan oncom, tetapi ada; durian, cokelat, keju, bahkan telor ayam yang sudah di kocok di tambahkan kedalam adonan surabi yang sedang di masak di tungku.

Buat kalian para pecinta durian bisa menikmati surabi yang diatasnya di lumuri dengan toppingdurian nih, banyak juga pilihan surabi dengan berbagai macam toppinglainnya. cocok di sajikan dengan secangkir teh hangat sambil nongki bareng temen2.
Buat kalian yang lagi berlibur di Bandung kurang afdol rasanya liburan kalian jika tidak mampir kuliner ke kedai2 surabi yang ada di Bandung.

Baca Juga : Kue Lupis Khas Jawa

Bahan-bahan
10 sdm tepung beras
2 sdm terigu
6 sdm kelapa parut
100 ml santan
300 ml air
1/2 sdt garam
Topping
Seres
Sambel oncom
Telor
Selai blueberry

Langkah :
Campur dulu tepung beras tepung terigu larutkan dengan air, lalu masukan semua bahan lainya sampai tidak ada yg bergerindil, istirahatkan 30mnt
Siapkan bahan toping ceres sambel oncom dan telor
Panaskan cetakan, masukan 1 sendok sayur adonan beri toping sesuai selera, saya : sambel oncom, ceres, dan telor oncom. Tutup sampai surabi matang dan angkat

Related posts